+10 344 123 64 77

Kamis, 05 Februari 2015

Jual Pasir Silika Jakarta Selatan - Jual Pasir Silika Jawa Timur

Jual Pasir Silika Jakarta Selatan - Jual Pasir Silika Jawa Timur
Jual Pasir Silika Jakarta Selatan - Jual Pasir Silika Jawa Timur

CARA MEMBUAT PERANCANGAN BACKWASH PADA TANGKI SAND FILTER
Pengolahan  air  bersih  menggunakan  air  sungai sebagai  air  baku  yang    diambil  melalui  sumur  intake kemudian  dikirim  ke  Instalasi  Pengolahan  Air  (IPA) yang  terdiri  atas  unit  clarifier,  unit  sand  filter, reservoar, dan unit distribusi. Pada  tangki  sand  filter,  terjadi  proses  penyaringan dimana  lumpur  halus  yang  masih  terbawa  akan terperangkap dalam pasir silika yang terdapat di dalam tangki  sand  filter  tersebut.  Semakin  banyak  lumpur halus   yang  terperangkap  di  dalam  sand  filter,  maka akan  mengganggu  kerja  dari  penyaringan  oleh  pasir silika  dan  menyebabkan  kenaikan  volume  akumulasi dari pasir  silika  bercampur  dengan  lumpur  halus. Sedangkan  daya  tampung tangki sand  filter  terhadap air akan  semakin sedikit dan proses penyaringan  =akan semakin  lambat.  Hasil  penyaringan  akan  menjadi kurang  sempurna dan tidak  efektif.  Apabila  hal  ini dibiarkan  maka  akan  terjadi  kenaikan level  air  pada tangki  sand  filter.  Tangki  sand  filter  yang  bertipe atmosferik memiliki kemungkinan untuk menyebabkan air  di  dalam  tangki  sand  filter  meluber ke  luar  tangki sand  filter.  Untuk  mencegah  hal  it u,ditentukan berapakah  level  air  maksimum  yang  masih  bisa ditoleransi  agar  proses  penyaringan  optimal.  Apabila kenaikan  level  telah melampaui batas  level  maksimum tersebut,  maka  dikatakan  bahwa  tangki  sand  filter berada  pada  keadaan  jenuh.  Untuk  menghilan gkan kejenuhan,  perlu  dilakukan  proses  backwash  yaitu pencucian  balik  tangki  sand  filter  agar  pasir silika bersih kembali dari lumpur halus yang tersaring. Proses backwash  penting  dilakukan  pada  saat  yang  tepat. Apabila  sand  filter  dibiarkan  jenuh  terlalu  lama  maka air  yang  dikirim  ke  reservoar  akan  keruh.  Apabila proses  backwash  dilakukan  terlalu  dini,  hal  ini  tidak efisien mengingat bahwa proses backwash  memerlukan pemakaian  air  bersih  siap  jual  yang  tertampung  di reservoar.

Proses Backwash
Lumpur halus yang tersaring akan bercampur dengan pasir silika yang  terdapat pada tangki sand filter sehingga mengganggu performansi penyaringan oleh pasir silika. Setelah sand filter aktif melakukan kerja terhadap penyarinyan lumpur halus yang terbawa oleh  air  dari clarifier untuk beberapa waktu, maka terjadi peningkatan volume pasir silika yang  terdapat pada tangki sand filter karena telah bercampur denganlumpur.  Meningkatnya volume pasir silika yang bercampur dengan lumpur halus, akan  memperlambat proses penyaringan dan ketinggian air di dalam tangki sand filter akan terus bertambah. Jika hal ini terjadi, maka proses penyaringan pada sand filter tidak  akan optimal dan jika dibiarkan maka akan terjadi over flow.Setiap tangki sand filter memiliki batas ketinggian level air maksimum yang masih dapat ditoleransi untuk tangki sand filter bekerja dengan baik  dan  optimal. Apabila level air pada tangki sand filter telah melampaui batas level air maksimum tersebut, maka tangki sand filter dikatakan telah jenuh dan proses filtrasi terganggu. Pada keadaan jenuh, proses penyaringan yang terjadi akan lambat, kurang optimal,dan  kurang sempurna. Untuk mengembalikan performansi sand filter, maka perlu backwash yaitu pencucian pasir silika menggunakan air bersih yang berasal dari reservoar. Backwash harus dilakukan tepat saat tangki sand filter dalam keadaan jenuh.Apabila backwash terlambat dilakukan, maka kualitas air hasil olahan tidak memenuhi standar yang telah ditentukan. Proses backwash ini memerlukan  adanya air bersih yang tersimpan di reservoar. Proses backwash terdiri atas 4 langkah proses yaitu proses pengosongan tangki sand filter,scouring, rinsing, dan filtras

Ady Water Jual Pasir Silika ...

Untuk info dan pemesanan hubungi : 

022-7239019
0856 2476 9004
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149
Pin BB: 29d2de88

e-Mail:
adywater@gmail.com
adysaputro23@ymail.com

Kantor : 

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya Bo 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung

Surabaya :
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo (Telp : 081330447814 )

0 komentar:

Posting Komentar